100+ Contoh Soal Core Values BUMN atau AKHLAK

100+ Contoh Soal Core Values BUMN atau AKHLAK | Core values BUMN adalah nilai-nilai utama yang harus menjadi panduan bagi setiap sumber daya manusia (SDM) BUMN dalam bekerja.

Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN tertanggal 1 Juli 2020 telah menetapkan enam nilai utama BUMN yang disebut dengan AKHLAK, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Setiap SDM BUMN harus menanamkan dan mengedepankan AKHLAK dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Amanah mengajarkan pentingnya menjaga kepercayaan dan integritas dalam bekerja, sedangkan kompeten mengajarkan pentingnya memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai untuk menjalankan tugasnya.

Selain itu, harmonis mengajarkan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan lingkungan sekitar, sedangkan loyal mengajarkan pentingnya loyalitas terhadap perusahaan dan bangsa.

Selanjutnya, adaptif mengajarkan pentingnya beradaptasi dengan perubahan dan inovasi, dan kolaboratif mengajarkan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antar tim dan departemen dalam perusahaan.

Contoh Soal Core Values BUMN ada diakhir artikel, klik tombol dibawah ini untuk langsung menuju Latihan Soal.

Lewati penjelasan, langsung ke soal..!!

Dengan mengedepankan AKHLAK, diharapkan setiap SDM BUMN dapat memberikan kontribusi yang positif dan berkelanjutan bagi perusahaan dan bangsa.

Apa itu Core Values BUMN atau AKHLAK?

Apa itu Core Values BUMN atau AKHLAK?

Halo, berbicara tentang nilai-nilai inti BUMN, ada Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 yang mengatakan bahwa nilai AKHLAK harus diterapkan pada semua karyawan BUMN, termasuk direksi, dewan komisaris atau pengawas, manajemen, dan pegawai. Bahkan anak perusahaan dan perusahaan afiliasi yang terkonsolidasi dengan BUMN juga harus menerapkan nilai-nilai ini.

Kita bisa menemukan enam nilai inti BUMN, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing nilai:

1. Amanah

Amanah berarti memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Sebagai seorang karyawan BUMN, kita harus memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan, dan berpegang teguh pada nilai moral dan etika.

2. Kompeten

Kompeten berarti memiliki sikap terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Sebagai karyawan BUMN, kita harus meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

3. Harmonis

Harmonis berarti saling peduli dan menghargai perbedaan. Sebagai karyawan BUMN, kita harus menghargai setiap orang apa pun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membantu membangun lingkungan kerja yang kondusif.

4. Loyal

Loyal berarti memiliki sikap berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Sebagai karyawan BUMN, kita harus menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan negara, rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar, dan patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

5. Adaptif

Adaptif berarti terus berinovasi dan antusias dalam menghadapi perubahan. Sebagai karyawan BUMN, kita harus cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik, terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, dan bertindak proaktif.

6. Kolaboratif

Kolaboratif berarti bisa membangun kerja sama yang sinergis. Sebagai karyawan BUMN, kita harus memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Semoga penjelasan ini bisa membantu para peserta untuk memahami nilai-nilai inti BUMN yang harus diterapkan dalam perilaku mereka di lingkungan kerja.

Core Values BUMN PDF

Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 mengenai penerapan nilai-nilai inti (core values) BUMN pada seluruh SDM, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mengembangkan budaya kerja yang beretika da