Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Apa itu Psikotes Matematika Dasar? Kawan tau gak kenapa ujian SBMPTN, seleksi kerja dan lembaga kedinasan ada soal matematika dasar?

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Secara umum, matematika dasar digunakan untuk menilai kekuatan numerik peserta ujian dalam memecahkan soal matematika.

Padahal, dalam tes ini Anda akan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep matematika dasar, seperti operasi aritmatika bilangan, bentuk-bentuk pangkat dan akar, bentuk dan bangun ruang, dan sebagainya.

Jadi kalau belajar matematika dasar untuk ujian sama dengan belajar matematika di SD, SMP dan SMA, gampang banget, hehehe…

Nah, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut apakah itu psikotes matematika dasar, apa artinya dan untuk panduan atau tutorial untuk mendapatkan nilai tinggi pada psikotes matematika dasar.

Apa itu Tes Matematika Dasar?

Tentu Anda berpikir, apa itu tes matematika dasar? Mengapa Anda perlu mengikuti tes ini jika Anda sedang mengikuti SBMPTN, Ujian Masuk Kedinasan, Ujian CPNS atau seleksi Perusahaan Swasta dan BUMN?

Nah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kemampuan matematika Anda akan diuji dengan mengikuti tes matematika dasar, mis. cara menyelesaikan soal matematika dengan durasi tertentu.

Tes ini biasanya ditemukan dalam psikotes yang dilakukan pada seleksi kerja atau ujian masuk kampus.

Soal-soal dalam psikotes matematika dasar meliputi bilangan dan operasi aritmatika, geometri, pecahan, desimal dan %, analisis data dan statistik, dan aljabar dasar.

Matematika dasar psikotes terkandung dalam tes logika, yang berkaitan dengan kemampuan analitis dan pemecahan masalah.

Jadi sudah pasti jika ingin masuk kampus atau melamar kerja di suatu perusahaan harus mengikuti tes ini.

Karena tes ini akan membantu Anda untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di lingkungan perkuliahan atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Pada ujian psikotes matematika dasar, peserta diberikan serangkaian soal yang harus diselesaikan dengan durasi tertentu dan tidak menggunakan alat bantu perhitungan seperti kalkulator.

Meskipun soal-soal dalam tes ini melibatkan konsep matematika dasar, Anda tetap perlu mempelajari dasar-dasar matematika dengan berlatih beberapa soal atau mengikuti bimbingan belajar agar dapat lulus ujian masuk kampus atau melamar pekerjaan.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan hafalan ketika ingin menjawab soal psikotes matematika dasar, karena suatu saat semua materi yang Anda ingat tiba-tiba hilang saat pikiran Anda sedang tertekan atau terdesak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki pengetahuan dasar matematika yang kuat sehingga ketika Anda mengerjakan soal dengan waktu yang sangat terbatas, Anda masih dapat menganalisisnya dan menyelesaikannya dengan solusi yang akurat.

Oke, sekarang Anda sudah tahu apa tes matematika dasar, petunjuk dan tujuannya, juga bagaimana pentingnya, Anda tentu berpikir, bagaimana cara bagi Anda untuk lulus tes?

Tenang saja, berikut ini saya jabarkan panduan untuk membantu Anda lulus ujian tes matimatika dasar. Baca informasi di bawah ini.

Baca juga: 20+ Contoh Soal Psikotes Gambar dan Jawaban [Lengkap]