Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Apa itu Psikotes Matematika Dasar? Kawan tau gak kenapa ujian SBMPTN, seleksi kerja dan lembaga kedinasan ada soal matematika dasar?

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Secara umum, matematika dasar digunakan untuk menilai kekuatan numerik peserta ujian dalam memecahkan soal matematika.

Padahal, dalam tes ini Anda akan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep matematika dasar, seperti operasi aritmatika bilangan, bentuk-bentuk pangkat dan akar, bentuk dan bangun ruang, dan sebagainya.

Jadi kalau belajar matematika dasar untuk ujian sama dengan belajar matematika di SD, SMP dan SMA, gampang banget, hehehe…

Nah, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut apakah itu psikotes matematika dasar, apa artinya dan untuk panduan atau tutorial untuk mendapatkan nilai tinggi pada psikotes matematika dasar.

Apa itu Tes Matematika Dasar?

Tentu Anda berpikir, apa itu tes matematika dasar? Mengapa Anda perlu mengikuti tes ini jika Anda sedang mengikuti SBMPTN, Ujian Masuk Kedinasan, Ujian CPNS atau seleksi Perusahaan Swasta dan BUMN?

Nah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kemampuan matematika Anda akan diuji dengan mengikuti tes matematika dasar, mis. cara menyelesaikan soal matematika dengan durasi tertentu.

Tes ini biasanya ditemukan dalam psikotes yang dilakukan pada seleksi kerja atau ujian masuk kampus.

Soal-soal dalam psikotes matematika dasar meliputi bilangan dan operasi aritmatika, geometri, pecahan, desimal dan %, analisis data dan statistik, dan aljabar dasar.

Matematika dasar psikotes terkandung dalam tes logika, yang berkaitan dengan kemampuan analitis dan pemecahan masalah.

Jadi sudah pasti jika ingin masuk kampus atau melamar kerja di suatu perusahaan harus mengikuti tes ini.

Karena tes ini akan membantu Anda untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di lingkungan perkuliahan atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Pada ujian psikotes matematika dasar, peserta diberikan serangkaian soal yang harus diselesaikan dengan durasi tertentu dan tidak menggunakan alat bantu perhitungan seperti kalkulator.

Meskipun soal-soal dalam tes ini melibatkan konsep matematika dasar, Anda tetap perlu mempelajari dasar-dasar matematika dengan berlatih beberapa soal atau mengikuti bimbingan belajar agar dapat lulus ujian masuk kampus atau melamar pekerjaan.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan hafalan ketika ingin menjawab soal psikotes matematika dasar, karena suatu saat semua materi yang Anda ingat tiba-tiba hilang saat pikiran Anda sedang tertekan atau terdesak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki pengetahuan dasar matematika yang kuat sehingga ketika Anda mengerjakan soal dengan waktu yang sangat terbatas, Anda masih dapat menganalisisnya dan menyelesaikannya dengan solusi yang akurat.

Oke, sekarang Anda sudah tahu apa tes matematika dasar, petunjuk dan tujuannya, juga bagaimana pentingnya, Anda tentu berpikir, bagaimana cara bagi Anda untuk lulus tes?

Tenang saja, berikut ini saya jabarkan panduan untuk membantu Anda lulus ujian tes matimatika dasar. Baca informasi di bawah ini.

Baca juga: 20+ Contoh Soal Psikotes Gambar dan Jawaban [Lengkap]

Tips Lulus Psikotes Matematika Dasar

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Secara umum, panduan untuk lulus psikotes matimatika dasar adalah mempelajari dan memahami konsep dasar matematika.

Namun selain itu, Sobat juga harus mempersiapkan atau menginisiasi taktik lain agar psikotes dapat dilakukan secara optimal saat mengerjakan soal matematika dasar.

Jadi apa pedoman untuk lulus tes matimatika dasar yang bisa Anda ikuti?

1. Mengatur Waktu

Untuk bisa lulus ujian, hal yang paling penting dan istimewa tentunya adalah belajar matematika dasar. Jadi, Anda harus terorganisir dengan baik dan meluangkan waktu untuk belajar.

Walaupun soal-soal di tes psikologi matematika dasar berisi materi yang bisa dikatakan cukup mudah, namun jika kamu baru belajar H-1 atau sering dibilang sistem kebut semalam (SKS), hasilnya akan kurang.

Ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan sedikit waktu luang Anda, misalnya satu jam sehari untuk mempelajari materi dan berlatih soal untuk psikotes matematika dasar.

2. Perkuat Kemampuan Dasar

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Memang, jika Anda ingin memahami konsep-konsep matematika dasar lebih cepat saat belajar, Anda harus dapat meningkatkan dan memperkuat keterampilan penting yang Anda miliki.

Kemampuan dasar itu wajib karena berkaitan dengan dasar logika yang diasah secara fundamental dalam matematika.

Keterampilan dasar berguna untuk berpikir lebih kritis dan logis. Hingga tes matematika dasar, keterampilan penting juga harus dikembangkan.

Nah, jika kamu ingin melatih dan memperkuat skill dasar matematika kamu, kamu bisa menggunakan mencoba berlatih soal.

Berlatih soal memberikan berbagai macam soal psikotes matematika dasar dan sangat cocok untuk segala usia dan tujaun yang berbeda, seperti: Persiapan AKM, UTBK, ujian mandiri kampus, ujian masuk sekolah kedinasan, ujian CPNS hingga mencari pekerjaan.

Bukankah itu hebat? Anda dapat mencoba menggunakan Berlatih Soal dengan mudah dan gratis

3. Latihan Soal

Untuk lulus psikotes matematika dasar, tidak cukup hanya mempelajari materi dan ide matematika dasar, Anda perlu berlatih beberapa pertanyaan. Ini berguna untuk melatih Anda tentang berbagai jenis soal selama ujian.

Jika Anda dilatih untuk mengerjakan dan berlatih soal psikotes matematika dasar untuk ujian apapun, langkah berpikir Anda akan beradaptasi dan terlatih.

Sampai nanti Anda melihat suatu soal, Anda dengan cepat mengetahui bagaimana cara mengatasi dan memecahkan soaltersebut.

4. Kecepatan Kerja

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Seperti yang sudah saya jelaskan, dalam mengikuti ujian Anda akan menjawab beberapa soal dengan waktu yang terbatas. Jadi Anda perlu melatih kecepatan dalam menjawab soal.

Setelah itu, karena ada ketentuan ini, Anda tentu tidak bisa hanya belajar satu malam untuk psikotes matematika dasar, Anda harus mempersiapkan dan berlatih terlebih dahulu.

Anda dapat mencoba mengatur waktu untuk menyelesaikan soal latihan sesuai dengan batas waktu pada saat ujian yang sebenarnya.

5. Latih Konsentrasi dan Fokus

Saat mengerjakan soal dalam tes matematika dasar, Anda harus memiliki konsentrasi dan fokus yang baik untuk memahami apa tujuan dari soal tersebut dan tidak terkecoh dengan jebakan soal.

Itu sebabnya memahami konsep matematika dasar adalah poin penting, daripada mengingat materi.

Tentunya dengan meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda, Anda juga dapat dengan mudah dan cepat menyelesaikan soal-soal tes matematika dasar yang ada.

Semua tips diatas akan membantu mengerjakan tes matematika dasar untuk melamar pekerjaan.

Baca juga: Tes Wartegg: Arti, Cara Mengerjakan dan 5 Contohnya

Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar

Psikotes Matematika Dasar: 30+ Contoh Soal, Arti dan Tips

Berikut ada beberapa jenis contoh soal psikotes matematika dasar yang biasanya muncul pada saat seleksi kerja, CPNS, SBMPTN dan masih banyak lagi.

Tes Logika Aritmatika

1. 100-4-90-7-80 seri selanjutnya adalah…

a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
e. 12

Jawaban: C

2. 5-7-10-12-15 seri selanjutnya adalah…

a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
e. 17

Jawaban: E

3. 2-4-2-4-6-4-6-8-6-8-10-8- seri selanjutnya adalah…

a. 6
b. 712
c. 8
d. 9
e. 10

Jawaban: D

4. suatu seri : 2-5-7-3-6-8-4-..-.. seri selanjutnya adalah…

a. 5-6
b. 6-7
c. 7-8
d. 6-8
e. 7-9

Jawaban: E

5. suatu seri : 3-5-8-12- seri selanjutnya adalah…

a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
e. 19

Jawaban: C

Baca juga: 100+ Tes Psikotes Online Gratis

Tes Angka

1. (55+30)^2

a. 7175
b. 7125
c. 7225
d. 9025
e. 8025

Jawaban: C

2. 28 adalah berapa persen dari 70

a. 50
b. 40
C. 30
d. 25
e. 20

Jawaban: B

3. Berapakah 33% dari 163

a. 53,79
b. 54,33
C. 543
d. 5,37
e. 5379

Jawaban: A

4. 4,036:0,04 =

a. 1,009
b. 10,9
c. 10,09
d. 100,9
e. 109

Jawaban: D

5. jika p = 2 dan q = 3 serta rp^2 + 2pq + q^2 berapakah : pqr

a. 150
b. 5/25
c. 6
d. 75
e. 50

Jawaban: A

6. 0,875 : 1/4 =

a. 0,75
b. 0,70
c. 0,68
d. 0,56
e. 0,71

Jawaban: B

7. 0,252 =

a. 0,0025
b. 0,625
c. 0,0625
d. 6,25
e. 0,00625

Jawaban: C

8. 6,5 = berapa % dari 6

a. 108,33