Tes Wartegg: Arti, Cara Mengerjakan dan 5 Contohnya

Tes Wartegg: Arti, Cara Mengerjakan dan 5 Contohnya | Diakhir artikel diberikan Contoh Gambar Tes Wartegg Terbaik. Tapi sebelum masuk kesana pahami terlebih dahulu tujuan dari tes psikologi ini.

Tujuan dari tes Wartegg ini adalah untuk mengetahui keadaan mental seseorang. Baik dari segi kekuatan atau masalah. Padahal, tes ini bisa dijadikan sebagai tutorial karir seseorang.

Tes Wartegg: Penjelasan, Cara Mengerjakan, dan Contoh

Anda mungkin sudah tahu nama tes yang satu ini. Ya, tes ini adalah tes Wartegg. Apa itu tes Warteg, ke arah mana tes ini ditawarkan, bagaimana pelaksanaannya?

Untuk mengetahui lebih lanjut, Yok baca ulasannya di bawah ini.

Pengertian Tes Wartegg

Tes Wartegg sendiri adalah salah satu tes psikologi yang paling terkenal dan sering digunakan untuk menyaring karyawan baru.

Arah dari tes Wartegg ini adalah untuk mengetahui keadaan mental seseorang. Baik dari segi kekuatan maupun masalah. Jadi, tes ini bisa dijadikan sebagai tutorial karir seseorang.

Dalam tes Wartegg ini Anda akan disajikan beberapa skema gambar yang belum selesai.

Dapat dibentuk pelat garis, kurva, garis, titik dan beberapa. Kemudian tugas Anda untuk melanjutkan bagian skema ini menjadi gambaran keseluruhan.

Beberapa perekrut menerjemahkan gambar yang Anda buat menurut pengetahuan psikis tertentu.

Jadi proses nilai tidak asal. Ada tutorial dan langkah-langkah khusus untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Lalu bagaimana dengan sejarah tes Wartegg ini? Apakah tes ini sudah ada sejak lama?

Sejarah tes Wartegg sendiri dimasukkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Gestalt Theory.

Artikel tersebut menyatakan bahwa tes dilakukan pada 1920-an dan 1930-an. Tes ini dinamai menurut penemunya, yaitu Ehrig Wartegg.

Tes ini berakar pada pandangan psikologi Gestalt, yang menggunakan konsep bahwa manusia diciptakan oleh masa/pengalaman masa lalu yang tidak dapat dipisahkan dari dirinya yang sekarang.

Menurut apa yang Anda gambar itu akan menggambarkan reaksi Anda terhadap sesuatu.

Bisa berupa pengalaman, hal-hal yang Anda kenali, atau apa yang Anda lihat pertama kali. Gambar yang Anda buat akan dinilai oleh beberapa perekrut.

Baca juga: 100+ Tes Psikotes Online Gratis

Cara Mengerjakan Tes Wartegg