5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Bagaimana Contoh Gambar Orang Psikotes? Proses rekrutmen dalam suatu perusahaan merupakan proses yang penting.

Tidak hanya pemilihan soft skill dan hard skill saja yang dibutuhkan saat menghadapi pekerjaan dalam interview kerja, tetapi juga penting untuk mengetahui kepribadian dan aspek psikologis calon karyawan. Salah satunya adalah gambar orang psikotes.

Tes karakter diperlukan untuk mengetahui kepribadian calon karyawan. Karena dalam keadaan tertentu, kepribadian dan psikologi seseorang dapat dilihat dari triknya dalam menggambar sesuatu.

Disini kita akan berfokus pada gambar orang psikotes.

Sejarah Gambar Orang Psikotes

Tes psikologi untuk menggambar orang ini pertama kali diperkenalkan oleh Ebenezer Cooke pada tahun 1885.

Dengan tes ini, Cooke mencatat apakah menggambar seorang anak dapat mempengaruhi perkembangan mereka.

Tes ini dipopulerkan oleh Florence Goodenough pada tahun 1926 sebagai tes yang dapat mengidentifikasi kepribadian seseorang. Di luar negeri, tes ini dikenal dengan Draw a Man Test (DAM).

Gambar orang psikotes ini tidak melihat dari sisi keindahan, karena ini bukan tes seni visual, melainkan detail dan proporsionalitas gambar. Dari situ dapat dianalisis dari segi kepribadian.

Tujuan Psikotes Gambar Orang

Mungkin sekarang Anda akan bertanya apa tujuan dari psikotes gambar orang? Menurut Goodenough, tes ini mampu memvisualisasikan kepribadian dan visi misi seseorang saat memasuki dunia kerja.

Argumennya adalah bahwa gambar orang psikotes ini umumnya tidak memiliki petunjuk rinci tentang siapa orang itu, posisi atau status apa, apakah mereka laki-laki atau perempuan, ukuran gambar, dan seberapa detail gambar itu.

Yang Anda dapatkan hanyalah selembar kertas kosong dan pensil serta instruksi tentang cara menggambar orang.

Ini menciptakan ambiguitas dalam gambar tes ini. Namun, menurut Goodenough, ambiguitas ini memungkinkan penilai mengetahui visi dan misi di depan testee (orang yang diuji).

Orang yang mampu menggambar secara detail dan bertahan dengan baik di tengah ambiguitas ini dipandang memiliki misi dan visi yang lebih baik untuk pekerjaannya.

Baca juga: 20+ Contoh Soal Psikotes Gambar dan Jawaban [Lengkap]

Arti dari Psikotes Gambar Orang

Saat Anda menggambar orang, ada banyak faktor yang dapat dipertimbangkan HR tentang kepribadian Anda.

Lebih khusus lagi, Anda dapat memperhatikan deskripsi setiap sisi anggota tubuh yang Anda gambar untuk melihat apakah gambar Anda cocok dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar atau tidak.

Sebagai contoh:

1. Wajah

Jika saat menggambar sisi wajah, ada penekanan garis berarti Anda kurang optimis.

2. Leher

Penekanan pada garis leher menunjukkan seseorang yang memiliki karakter kemauan yang tinggi dan kuat.

3. Tangan

Gambar posisi tangan terbuka menunjukkan karakter transparansi kepribadian, dan posisi tangan di saku menunjukkan masalah hubungan sosial.

4. Detail Gambar Orang

Gambar dengan detail tentang orang memiliki arti tertentu. Misalkan ada gambar jam tangan dan ikat pinggang (belt) yang menunjukkan bahwa karakter Anda adalah orang yang disiplin.

5. Ukuran Gambar

Ukuran gambar mempengaruhi penilaian kepribadian. Gambar yang terlalu kecil menunjukkan kepribadian introvert yang lebih suka bekerja di belakang monitor tanpa bertemu banyak orang, begitu pula sebaliknya. Dan masih banyak faktor lain dapat dipertimbangkan.

6. kepala

Dalam tes ini, kepala dipercaya untuk menerima perintah dari semua keputusan yang kita buat.

Penting untuk menggambar semua sisi kepala tanpa melewatkan, bagian di antaranya adalah rambut, dahi, alis, kelopak mata, bulu mata, bola mata, hidung, lubang hidung, pipi dan bibir.

Tidak boleh melewatkan sisi leher dan jakun sebagai sambungan ke batang tubuh. Pastikan gambar Anda memiliki keseimbangan kiri dan kanan yang cukup merata.

7. Tubuh bagian atas

Tubuh bagian atas dibagi menjadi bahu, dada, perut, lengan dan tangan. Hitung 5 jari pada masing-masing tangan.

Sisi ini penting karena di sini perintah yang diberikan oleh kepala ditransmisikan ke seluruh anggota badan.

Penilaian pada bagian ini mengutamakan bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh atasan Anda dan bagaimana Anda mengatur tugas-tugas harian Anda.

8. Tubuh Bagian Bawah

Tubuh bagian bawah terbagi menjadi semua sisi kaki termasuk paha, lutut, kaki hingga ujung kaki.

Penilaian ini didasarkan pada keseimbangan Anda dalam pekerjaan dan kehidupan.

Tentunya Anda juga bisa menggambar lebih detail beberapa hal yang terkena dampak ini, seperti saku samping celana atau sepatu. Kelengkapan adalah penilaian seberapa penting kinerja bagi Anda.

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Orang

Tes ini cukup membingungkan karena Anda, responden hanya diberikan pensil, kertas kosong, dan petunjuk menggambar manusia.

Tidak ada informasi tentang jenis kelamin, orientasi kertas apa untuk menggambar, ukuran gambar Anda, dan detail apa yang perlu Anda gambar.

Hal ini sesuai dengan proses yang dipopulerkan oleh Goodenough, menggunakan ambiguitas ini untuk mencerminkan kepribadian dan visi dan misi Anda dalam profesi yang akan datang.

Sebelum memulai tes ini, Anda harus terlebih dahulu memahami berapa menit gambar orang psikotes ini berlangsung.

Tes ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit. Sampai dengan saat menggambar, tidak perlu memperhatikan aspek keindahan.

Yang penting bagi Anda saat mengikuti tes psikologi menggambar orang adalah sebagai berikut:

  1. Rasio gambar dan ukuran kertas yang seimbang
    Secara umum, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah ukuran gambar, seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak ada benar atau salah dalam kepribadian Anda, terlepas dari apakah itu sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Gambaran yang seimbang bila dimaknai adalah sebagai berikut:

    • Kecenderungan gambaran besar memiliki interpretasi karakter yang sangat optimis, selalu ingin menjadi lebih, agresif dan aktif, cocok untuk jenis pekerjaan yang aktif dan bertemu orang.
    • Kecenderungan gambar kecil memiliki interpretasi yang agak kurang optimis, introvert, kurang percaya diri, cocok untuk tugas di belakang layar yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
  2. Tempatkan gambar Anda di tengah lembar jawaban atau kertas yang disiapkan oleh penguji.
  3. Gambarlah dengan detail, dari ujung kepala hingga ujung kaki.
  4. Perjelas jenis kelamin gambar orang, prediksi usia (tua atau muda) dan jenis pekerjaan dari gambar pakaian dan pekerjaan (misalnya dokter, guru, tukang, dll.)
  5. Ambil gambar yang ukurannya seimbang antara kepala, badan, tangan dan kaki.
  6. Sebisa mungkin, gambar orang dengan gestur bahagia bisa didapat dari kilau mata dan bentuk bibirnya.
  7. Lihatlah garis gambar, orang yang menggambar secara ragu ini akan menjadi terlihat ragu-ragu juga.
  8. Kelengkapan anggota badan
    Kelengkapan anggota badan sangat penting karena diyakini bahwa semua hal ini adalah jumlah detail yang dapat dilakukan calon karyawan pada suatu tugas. Karena itu, selalu perhatikan semua detail dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pastikan Anda menggambar sedetail mungkin. Melewati alis pada mata dapat diindikasikan dengan tidak memperhatikan banyak detail yang sebenarnya penting, karena secara anatomis alis merupakan pelindung mata bagian atas.
  9. Gambar Rinci
    Secara umum, Anda dapat melihat detail gambar pasangan seperti mata, telinga, tangan, dan kaki. Jika mereka cukup paralel, salah satunya akan menjadi lebih besar. Anda juga dapat memberikan detail tentang gambar, mis. Misalnya, gambar jakun jika karakter yang Anda gambar adalah pria, atau rambut panjang jika Anda menggambar wanita.

Contoh Gambar Orang Psikotes

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat psikotes gambar orang dan cara menilainya, berikut adalah contoh untuk dijelajahi agar Anda bisa persiapan lagi saat mengikuti tes:

Contoh Psikotes Gambar Orang Wanita

5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Pada gambar pertama Anda dapat melihat bahwa rambut panjang dan menutupi bagian atas bahu, ini bisa menjadi indikasi kekhawatiran yang berlebihan.

Sisi mulut yang tebal memberikan indikasi kemungkinan sumber masalah yang mungkin timbul dari percakapan calon karyawan.

Tangan yang terlalu panjang dan tidak seimbang mengungkapkan keinginan untuk ingin mencapai segala yang diinginkan dengan segala cara.

Contoh Gambar Psikotes Orang Perempuan

5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Pada gambar kedua, telinga ditutupi oleh rambut. mata kosong. Kedua hal ini dapat diberikan jika kepribadian calon karyawan masa depan agak tertutup.

Selain itu, tumpuan tangannya juga berada di belakang badan. Hal positif tentang citra ini adalah keyakinan bahwa citra itu terpancar dan komposisi tubuh yang seimbang terpancar ketika calon karyawan ini mengendalikan emosinya dengan baik.

Contoh Psikotes Gambar Orang Pegawai Bank

5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Contoh gambar diatas cocok untuk anda yang sedang melamar sebagai staf di sebuah perusahaan, detail gambar yang proporsional.

Contoh Gambar Orang Psikotes Guru

5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Jika anda sedang melamar sebagai tenaga pengajar, maka gambar diatas bisa menjadi referensi ketika ada tes psikologi gambar orang.

Contoh Psikotes Gambar Orang

5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Tes ini merupakan salah satu tes yang sering ditemukan dalam proses onboarding karyawan baru.

Secara historis, tes ini digunakan di seluruh dunia Barat untuk melihat tentang kepribadian anak-anak.

Tetapi pada akhir abad kedua puluh, banyak perbedaan antara apa yang dilukis dan kepribadian dicatat.

Penutup

Namun, bukan berarti jika tes ini tidak bisa dilakukan, meski bukti ilmiah tidak mendukungnya, diperlukan