5 Contoh Gambar Orang Psikotes

Bagaimana Contoh Gambar Orang Psikotes? Proses rekrutmen dalam suatu perusahaan merupakan proses yang penting.

Tidak hanya pemilihan soft skill dan hard skill saja yang dibutuhkan saat menghadapi pekerjaan dalam interview kerja, tetapi juga penting untuk mengetahui kepribadian dan aspek psikologis calon karyawan. Salah satunya adalah gambar orang psikotes.

Tes karakter diperlukan untuk mengetahui kepribadian calon karyawan. Karena dalam keadaan tertentu, kepribadian dan psikologi seseorang dapat dilihat dari triknya dalam menggambar sesuatu.

Disini kita akan berfokus pada gambar orang psikotes.

Sejarah Gambar Orang Psikotes

Tes psikologi untuk menggambar orang ini pertama kali diperkenalkan oleh Ebenezer Cooke pada tahun 1885.

Dengan tes ini, Cooke mencatat apakah menggambar seorang anak dapat mempengaruhi perkembangan mereka.

Tes ini dipopulerkan oleh Florence Goodenough pada tahun 1926 sebagai tes yang dapat mengidentifikasi kepribadian seseorang. Di luar negeri, tes ini dikenal dengan Draw a Man Test (DAM).

Gambar orang psikotes ini tidak melihat dari sisi keindahan, karena ini bukan tes seni visual, melainkan detail dan proporsionalitas gambar. Dari situ dapat dianalisis dari segi kepribadian.

Tujuan Psikotes Gambar Orang

Mungkin sekarang Anda akan bertanya apa tujuan dari psikotes gambar orang? Menurut Goodenough, tes ini mampu memvisualisasikan kepribadian dan visi misi seseorang saat memasuki dunia kerja.

Argumennya adalah bahwa gambar orang psikotes ini umumnya tidak memiliki petunjuk rinci tentang siapa orang itu, posisi atau status apa, apakah mereka laki-laki atau perempuan, ukuran gambar, dan seberapa detail gambar itu.

Yang Anda dapatkan hanyalah selembar kertas kosong dan pensil serta instruksi tentang cara menggambar orang.

Ini menciptakan ambiguitas dalam gambar tes ini. Namun, menurut Goodenough, ambiguitas ini memungkinkan penilai mengetahui visi dan misi di depan testee (orang yang diuji).

Orang yang mampu menggambar secara detail dan bertahan dengan baik di tengah ambiguitas ini dipandang memiliki misi dan visi yang lebih baik untuk pekerjaannya.

Baca juga: 20+ Contoh Soal Psikotes Gambar dan Jawaban [Lengkap]

Arti dari Psikotes Gambar Orang

Saat Anda menggambar orang, ada banyak faktor yang dapat dipertimbangkan HR tentang kepribadian Anda.

Lebih khusus lagi, Anda dapat memperhatikan deskripsi setiap sisi anggota tubuh yang Anda gambar untuk melihat apakah gambar Anda cocok dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar atau tidak.

Sebagai contoh:

1. Wajah