10+ Persiapan Rekrutmen Bersama BUMN (FHCI)

10+ Persiapan Rekrutmen Bersama BUMN (FHCI) | Halo teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN! Saya sangat senang bisa berbagi informasi dengan kalian tentang persiapan yang perlu dilakukan untuk menghadapi seleksi ini.

Bagi banyak orang, kesempatan untuk bekerja di sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan hal yang sangat diidamkan. Selain menjanjikan karir yang jelas, bekerja di BUMN juga memberikan banyak keuntungan seperti tunjangan kesehatan, jaminan pensiun, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu jalur untuk bisa bergabung dengan BUMN adalah melalui Rekrutmen Bersama BUMN yang diadakan oleh FHCI.

Program ini memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendaftar dan mengikuti proses seleksi, baik itu untuk lulusan Diploma (D3), Sarjana (S1/D4), maupun Pascasarjana (S2).

Namun, mengikuti seleksi ini bukanlah perkara mudah. Persaingan yang ketat dan jumlah pelamar yang banyak tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para calon pelamar.

Sehingga, persiapan yang matang dan terencana sangat diperlukan untuk dapat bersaing dan meraih posisi yang diinginkan. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Rekrutmen Bersama BUMN?

Apa itu Rekrutmen Bersama BUMN?

Rekrutmen Bersama BUMN adalah program rekrutmen yang dilakukan oleh sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara bersama-sama.

Program ini bertujuan untuk membuka kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia yang ingin bergabung dan berkarir di perusahaan-perusahaan BUMN.

Melalui program ini, calon pelamar dapat mengajukan lamaran untuk berbagai posisi yang tersedia di berbagai perusahaan BUMN secara online dan mengikuti serangkaian tahapan seleksi yang telah ditetapkan.

Program Rekrutmen Bersama BUMN dilakukan setiap tahun dengan persyaratan dan tahapan seleksi yang berbeda-beda.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi Calon Pelamar

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar pada Rekrutmen Bersama BUMN (FHCI), ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan ini bersifat umum dan berlaku untuk semua kandidat yang ingin mendaftar. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon pelamar:

1. Kewarganegaraan Indonesia

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah kewarganegaraan Indonesia. Hanya pelamar yang memiliki kewarganegaraan Indonesia yang bisa mendaftar pada Rekrutmen Bersama BUMN (FHCI).

2. Batasan Usia

Persyaratan kedua adalah batasan usia yang harus dipenuhi. Usia maksimal pelamar pada 1 Desember 2023 harus sesuai dengan jenjang pendidikan yang diinginkan.

Untuk jenjang pendidikan D3, usia maksimal adalah 27 tahun. Untuk jenjang pendidikan S1/D4, usia maksimal adalah 30 tahun. Sedangkan untuk jenjang pendidikan S2, usia maksimal adalah 35 tahun.

3. IPK Minimal 2,75

Persyaratan ketiga adalah IPK minimal 2,75. IPK ini harus tercatat pada ijazah yang dimiliki oleh calon pelamar. Apabila IPK pada transkrip nilai lebih tinggi daripada yang tertera pada ijazah, maka yang dihitung adalah IPK pada ijazah.

4. Bersedia Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia

Persyaratan keempat adalah bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Ini artinya, calon pelamar harus siap ditempatkan di mana saja di Indonesia sesuai dengan kebutuhan BUMN.

5. Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba

Persyaratan kelima adalah sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Calon pelamar harus bisa menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan jasmani dan rohani serta bebas dari penggunaan narkoba.

6. Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada)

Persyaratan keenam adalah dokumen SKCK dari kepolisian. Pelamar yang sudah pernah memiliki masalah hukum harus dapat menunjukkan dokumen SKCK dari kepolisian.

7. Sertifikasi Pelatihan yang Sesuai dengan Kompetensi dan Rekomendasi Pengalaman Kerja Apabila Ada

Persyaratan ketujuh adalah sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi calon pelamar untuk memperkuat lamarannya.

8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) Apabila Ada

Persyaratan terakhir adalah rekomendasi komunitas. Jika calon pelamar pernah berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, atau start up, maka rekomendasi dari komunitas tersebut bisa menjadi nilai tambah dalam lamaran.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Calon Pelamar

Persiapan yang Perlu Dilakukan Calon Pelamar

Jika Anda berminat untuk mendaftar pada program Rekrutmen Bersama BUMN, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Cek Persyaratan Pendaftaran

Pastikan Anda memahami persyaratan pendaftaran yang berlaku pada tahun ini, meskipun persyaratan pada tahun lalu dapat digunakan sebagai acuan. Pastikan Anda memenuhi syarat umum dan persyaratan khusus untuk posisi yang Anda inginkan.

2. Perbaiki Diri

Untuk bersaing dengan pelamar lainnya, Anda perlu memperbaiki diri dari segi akademik, keterampilan, dan pengalaman kerja. Tingkatkan nilai IPK Anda dan ikuti pelatihan atau sertifikasi yang relevan denga