Latihan Soal PJOK SMA-MA dan Materi Kelas 10-12 [Lengkap]

Latihan Soal PJOK SMA-MA | Pendidikan Jasmani memperlakukan setiap siswa sebagai satu kesatuan antara jiwa dan raga.

Pengakuan ini menjadikan pendidikan jasmani bidang studi yang paling luas dan paling menarik dengan penekanan pada peningkatan gerakan manusia.

Pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, taktik, sistem, gaya, dan teknik yang sesuai dengan karakter gerak kerja, siswa, dan lingkungan belajar.

Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan dan perubahan semua bidang (psikomotor, kognitif dan afektif) setiap siswa dengan mengutamakan kualitas kesehatan fisik dan koleksi gerak.

Olahraga, pendidikan jasmani dan kesehatan dilaksanakan di sekolah secara konseptual, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan sikap positif siswa, yang dapat menghayati secara rinci manfaat aktivitas jasmani untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berbagai informasi ini menunjukkan bahwa pendidikan jasmani, olahraga, dan pendidikan kesehatan bukan hanya masalah pembangunan fisik, tetapi mencakup semua faktor perkembangan manusia, dengan harapan dapat membentuk profil siswa Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, inovatif, kolaboratif, keragaman global, berpikir krisis dan mandiri.

Karakteristik Mata Pelajaran PJOK

Bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Melibatkan siswa dalam pengalaman langsung, nyata dan orisinal untuk meningkatkan kreativitas, manajemen krisis, kerjasama, keterampilan berbicara dan berpikir melalui aktivitas fisik.
  2. Dalam proses pembelajaran, karakter siswa, tugas gerak dan dukungan lingkungan diperhitungkan sesuai dengan prinsip developmentally appropriate practices (DAP).
  3. Terselenggaranya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan menjadikan seseorang yang melek jasmani dan dapat menerapkannya seumur hidup.
  4. Penyelenggaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah berlandaskan nilai-nilai luhur bangsa untuk mewujudkan profil siswa yang berpancasila.
  5. Berisi komponen keterampilan gerakan, pengetahuan gerakan, penggunaan gerakan dan peningkatan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerakan

Tujuan Belajar PJOK

Orientasi mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan untuk tingkat sekolah menengah atas adalah sebagai berikut:

  1.  Kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik untuk perkembangan dan perubahan pribadi serta untuk gaya hidup aktif seumur hidup.
  2.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengendalian diri untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan fisik, kesejahteraan pribadi dan rencana pola hidup sehat.
  3.  Meningkatkan skema gerak dasar (pola gerak esensial) dan keterampilan motorik berdasarkan implementasi ide, konsep, taktik dan strategi secara umum.
  4. Meletakkan fondasi kepribadian yang kuat dengan menginternalisasikan nilai-nilai percaya diri, sportivitas, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, pengaturan diri, kepemimpinan dan demokrasi dalam aktivitas fisik.
  5. Menciptakan situasi pemulihan yang mencakup kegembiraan, hubungan sosial, hambatan, dan sikap diri.
  6. Meningkatkan profil peserta didik Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, inovatif, kolaboratif, memiliki keragaman global, memiliki pemikiran krisis, dan mandiri melalui aktivitas fisik.

Materi PJOK SMA Kurikulum Merdeka

Materi PJOK untuk kurikulum merdeka akan membantu guru dan juga siswa dalam memahami beberapa hal yang perlu dipelajari pada saat itu dan selanjutnya.

Materi PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Latihan Soal PJOK SMA-MA dan Materi Kelas 10-12 [Lengkap]

Materi PJOK Kelas 10 dalam Kurikulum Merdeka adalah segala bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru atau pengajar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di PJOK Kelas 10.

Dengan bahan ajar ini memungkinkan siswa mempelajari pelajaran secara runtut dan terstruktur, sehingga secara akumulatif mampu menguasai segala sesuatu secara utuh dan terpadu.

Arah bahan ajar PJOK yang ada, yaitu:

  • Membantu siswa untuk mempelajari sesuatu
  • Menyediakan berbagai jenis pilihan bahan ajar,
  • Memudahkan guru untuk mengevaluasi, dan
  • Untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik