100+ Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika dan Pembahasan

100+ Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika dan Pembahasan | Soal Bhineka Tunggal Ika adalah jenis pertanyaan atau tes yang dirancang untuk menguji pemahaman calon pegawai negeri sipil (CPNS) tentang konsep “Bhineka Tunggal Ika.” Konsep ini sering disebut sebagai motto nasional Indonesia dan diterjemahkan sebagai “Berbeda-beda tapi tetap satu.”

Soal Bhineka Tunggal Ika bertujuan untuk mengukur pemahaman calon pegawai negeri tentang makna, relevansi, dan pentingnya keragaman budaya, agama, dan suku bangsa di Indonesia, serta bagaimana konsep tersebut tercermin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Soal-soal ini dirancang untuk mengukur pemahaman calon pegawai negeri tentang pentingnya toleransi, keragaman, dan persatuan dalam masyarakat Indonesia.

Pemahaman yang baik tentang konsep Bhineka Tunggal Ika sangat penting bagi CPNS, karena mereka akan berperan dalam mendorong harmoni dan persatuan dalam masyarakat yang beragam secara budaya, agama, dan etnis di Indonesia.

Contoh soal TWK dan pembahasan tipe soal lainnya bisa dilihat di 1000+ Contoh Soal TWK CPNS dan Pembahasan

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika dan Pembahasan

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika dan Pembahasan

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keragaman budaya, agama, dan suku bangsa, memiliki konsep unik yang dipegang teguh sebagai salah satu nilai inti bangsa: Bhineka Tunggal Ika, yang berarti “Berbeda-beda tapi tetap satu.” Konsep ini mewakili semangat persatuan dalam keragaman, menjadi pondasi kuat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Dalam rangka mengukur pemahaman calon pegawai negeri sipil (CPNS) tentang konsep Bhineka Tunggal Ika dan pentingnya keragaman dalam masyarakat Indonesia, ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menyertakan sejumlah soal yang berkaitan dengan Bhineka Tunggal Ika.

Soal TWK Bhineka Tunggal Ika dirancang untuk menguji sejauh mana calon pegawai negeri mampu memahami konsep ini, serta bagaimana mereka dapat menerapkan pemahaman ini dalam konteks tugas-tugas pemerintahan.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan contoh-contoh soal TWK Bhineka Tunggal Ika beserta pembahasannya. Tujuan kami adalah memberikan panduan yang bermanfaat kepada calon peserta CPNS dalam memahami jenis pertanyaan yang mungkin mereka temui dalam ujian.

Dengan menguasai konten ini, diharapkan CPNS akan lebih siap dalam menghadapi ujian TWK yang menguji pemahaman mereka tentang Bhineka Tunggal Ika, sebuah nilai yang sangat penting dalam membangun kesatuan dan keharmonisan di Indonesia.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #1

Rumah adat Tongkonan berasal dari Provinsi …

a. Sulawesi Selatan
b. Sulawesi Utara
c. Sulawesi Tengah
d. Sulawesi Tenggara
e. Maluku

Jawaban : a

Pembahasan:

Rumah adat Sulawesi Selatan (Rumah Tongkonan); Rumah adat Sulawesi Utara (Rumah Mongondow); Rumah adat Sulawesi Tengah (Rumah Saoraja); Rumah adat Sulawesi Tenggara (Rumah Istana Buton); Rumah adat Maluku (Rumah Baileo).

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #2

Secara umum kemajemukan Bangsa Indonesia terbagi menjadi 2 macam, yaitu vertikal dan horisontal. Di bawah ini merupakan contoh perbedaan vertikal yaitu…

a. Suku
b. Ras
c. Jabatan
d. Bahasa
e. Adat-istiadat

Jawaban : c

Pembahasan:

Secara horizontal, masyarakat majemuk dikelompokkan berdasarkan ras, bahasa daerah, adat istiadat, agama, pakaian, makanan dan budaya lain. Secara vertikal, dikelompokkan berdasarkan penghasilan, pendidikan, pemukiman, pekerjaan dan kedudukan sosial politik.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #3

Bhinneka Tunggal Ika telah dirumuskan sebagai semboyan NKRI. Dalam hal ini ke – tunggal – ika – an yang dimaksud dapat pula berarti …

a. Realitas sosial
b. Cita-cita kebangsaan
c. Jembatan emas
d. Merdeka
e. Berdaulat

Jawaban : b

Pembahasan:

Ke-tunggal-ika-an berarti sebuah cita-cita kebangsaan.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #4

Membina persatuan dan kesatuan dihubungkan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika mengandung makna bahwa…

a. Dalam bergaul harus dapat menyesuaikan diri
b. Kebudayaan daerah harus terus dilestarikan
c. Dalam pergaulan tidak boleh membedakan suku
d. Kebudayaan masyarakat tidak tergantikan budaya lain
e. Keanekaragaman tak mungkin dipersatukan

Jawaban : c

Pembahasan:

Membina persatuan dan kesatuan dihubungkan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika mengandung makna bahwa dalam pergaulan tidak boleh membedakan suku.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #5

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika mengandung makna berikut, kecuali …

a. Ciri kedaerahan tidak boleh ada dalam pergaulan di masyarakat
b. Adanya bermacam-macam suku dan adat istiadat tak perlu dirisaukan
c. Dimuarakan pada kesatuan
d. Bangsa Indonesia mengakui kebhinnekaan sebagai kekayaan
e. Keberadaan dan keanekaragaman tidak menghalangi persatuan

Jawaban : a

Pembahasan:

Ciri kedaerahan “tidak boleh ada” dalam pergaulan di masyarakat.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #6

Lambang diyakini sebagai salah satu pendorong keberhasilan suatu cita-cita. Padi dan kapas pada burung Garuda melambangkan ….

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jawaban : e

Pembahasan:

Padi dan kapas pada burung Garuda melambangkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Contoh Soal TWK Bhinneka Tunggal Ika #7

Kujang merupakan senjata tradisional yang berasal dari …

a. Sumatera Barat
b. Jawa Barat
c. Kalimantan Barat
d. Sulawesi Selatan
e. Papua

Jawaban : b

Pembahasan:

Kujang adalah senjata tradisional yang berasal dari Jawa Barat sedangkan Sumatera Barat = Karih, Kalimantan Barat = Mandau, Sulawesi Selatan = Badik, Papua= Pisau Belati.